Keuntungan politik dari ‘lotere induk’

Menteri Digitalisasi Takuya Hirai berbicara kepada media pada bulan Februari. Keluarga anggota parlemen LDP telah memegang konstituensi Prefektur Kagawa selama tiga generasi dan memiliki dua perusahaan media regional. | KYODO

Sebuah istilah baru telah memasuki leksikon Jepang: Oyagacha, yang menggabungkan kata “renda,” atau “orang tua”, dan “gachapon,” mesin penjual otomatis sederhana yang berisi kapsul plastik, masing-masing dengan mainan kecil yang berbeda di dalamnya. “Oyagacha” mewakili gagasan bahwa seseorang tidak dapat memilih orang tua mereka, seperti halnya, ketika seseorang memasukkan koin ke dalam mesin gachapon dan memutar engkol, mereka tidak dapat memilih mainan yang mereka dapatkan.

Oyagacha digunakan untuk menjelaskan fenomena sosial. Dalam sebuah artikel yang ditulis untuk bagian Koron Asahi Shimbun pada 14 Oktober, profesor sosiologi Universitas Tsukuba Takayoshi Doi mengatakan pendekatan individu terhadap masalah kesenjangan kekayaan mungkin bergantung pada usia mereka. Ketika berbicara tentang peluang, orang-orang dari generasi yang lebih tua berpendapat bahwa mencapai tujuan Anda adalah tentang berusaha, sementara generasi muda mengatakan bahwa upaya tidak menjamin apa pun.

Doi menetapkan garis yang membagi dua pandangan ini sekitar tahun 1990-an, ketika ekonomi berhenti tumbuh secara signifikan. Orang-orang yang memulai keluarga sebelum tahun 1990 melihat hasil yang substansial atas upaya mereka dalam hal pendidikan dan promosi pekerjaan. Mereka yang dewasa setelah tahun 1990 memasuki dunia di mana pertumbuhan tahunan tidak pernah melebihi 2%, sehingga hasil dari usaha mereka relatif kecil. Namun anggota kelompok ini terus-menerus diberitahu bahwa kesuksesan materi mereka sepenuhnya bergantung pada jumlah usaha yang mereka lakukan. Doi mengatakan jika seorang anak memberi tahu orang tua mereka bahwa mereka kecewa karena mereka tidak memenangkan oyagacha (lotre orang tua), orang tua menjadi defensif. Namun, apa yang sebenarnya dimaksudkan oleh kaum muda dengan ini adalah bahwa kesuksesan adalah masalah nasib, seperti dilahirkan dalam keadaan sejahtera materi, bukan masalah bakat atau ambisi seseorang.

Dalam wawancara lain di bagian Koron, Eri Igarashi, seorang pengacara dan anggota Majelis Prefektur Tokyo yang lahir pada tahun 1984, berbicara tentang upayanya sendiri untuk mengatasi keadaan kelahirannya. Keluarganya tidak kaya, dan penelitian menunjukkan bahwa pendapatan rumah tangga memiliki efek langsung pada upaya dan kesempatan pendidikan. Dia memasuki dunia kerja tepat setelah lulus sekolah menengah pertama. Ketika dia dipecat dari pekerjaannya tanpa alasan, dia pergi ke Kantor Inspeksi Standar Tenaga Kerja untuk mengeluh dan itu mendapatkan kompensasi dari mantan majikannya. Dia menyadari perusahaan akan mengabaikannya jika dia menghadapi atasannya sendiri. Hal ini membuatnya terkesan pada pentingnya pendidikan dengan cara yang tidak dia asuh, jadi dia mulai pergi ke sekolah malam dan belajar untuk ujian pengacara.

Situasi Igarashi tampaknya akan menjungkirbalikkan premis oyagacha. Dia maju karena usaha pribadi, tetapi hanya karena dia dibuat untuk memahami fungsinya secara nyata. Dia masih menganggap dirinya beruntung, karena dia tahu orang lain dari latar belakang kurang mampu yang melakukan upaya serupa dan gagal untuk maju. Media menggunakan metafora oyagacha untuk menggambarkan bagaimana orang-orang dari apa yang disebut Igarashi sebagai “lingkungan berbakat” memiliki keunggulan yang jelas dibandingkan orang lain.

Fenomena ini terutama terlihat dalam politik, di mana keluarga dengan anggota yang sudah menjabat memiliki kaki atas siapa pun yang mencoba untuk masuk, terlepas dari keterampilan dan pengetahuan.

Sebuah artikel Bunshun Online baru-baru ini melihat dua dinasti politik untuk menggambarkan penggunaan oyagacha yang berbeda. Taro Kono, yang kalah dalam pemilihan presiden baru-baru ini untuk Partai Demokrat Liberal yang berkuasa dari Perdana Menteri Fumio Kishida saat ini, adalah generasi ketiga dari keluarga kuat yang belum menghasilkan perdana menteri, meskipun Kono sendiri menyangkal bahwa dia adalah “seshū” (keturunan) politisi karena konstituensinya berbeda dengan pensiunan ayahnya, Yohei Kono. Namun, ayah Kono adalah pemegang saham utama di Nippon Tanshi Co., Ltd. — dipimpin oleh saudara laki-laki Kono, Jiro — yang menyumbangkan 67 juta kepada kelompok politik Taro Kono.

Dinasti politik lain yang disebutkan oleh Bunshun adalah Takuya Hirai, anggota parlemen LDP yang keluarganya tidak hanya mewakili daerah pemilihan di Prefektur Kagawa selama tiga generasi, tetapi memiliki sejumlah bisnis di daerah tersebut, termasuk dua perusahaan media: Nishinippon Broadcasting dan surat kabar harian lokal, Shikoku Shimbun.

Bunshun menyiratkan manfaat keuntungan oyagacha Hirai dengan rincian skandal baru-baru ini. Sebulan setelah Badan Digital baru, di mana Hirai ditunjuk sebagai kepala, mulai beroperasi musim panas ini, Bunshun memecahkan cerita bahwa birokrat No. 2 di badan tersebut sebelumnya telah tiga kali minum dan makan malam oleh raksasa telekomunikasi NTT, sebuah pelanggaran terhadap aturan pemerintah. Hirai juga terlibat dalam acara ini, tetapi, seperti yang ditunjukkan Bunshun, sementara banyak surat kabar regional mengambil cerita itu dan meletakkannya di halaman depan, Shikoku Shimbun menurunkannya ke halaman kedua. Saudara laki-laki Hirai menjalankan surat kabar, yang dimiliki oleh ibu mereka.

Hirai telah menduduki kursi Majelis Rendahnya sejak tahun 2000. Dalam film dokumenter “Mengapa Anda Tidak Bisa Menjadi Perdana Menteri” tahun 2020, disutradarai oleh Arata Oshima, subjek, anggota parlemen oposisi Junya Ogawa, yang berasal dari bailiwick yang sama dengan Hirai, putus asa bahwa dia mungkin tidak akan pernah mencapai tujuan kebijakan masalah sosialnya karena dia hanya terpilih sebagai kandidat proporsional. Hirai dan keluarganya tampaknya memiliki konstituen yang dijahit, mungkin untuk generasi yang akan datang berkat usaha bisnis mereka.

Sebuah posting baru-baru ini di majalah online Daily Shincho menjelaskan bahwa kedua putra Hirai sendiri terlibat dalam skandal, tetapi berada di jalur untuk karier yang baik, mungkin dalam politik. Satu-satunya hal yang akan mencegah mereka memanfaatkan hak kesulungan mereka adalah pemilih, itulah sebabnya Oshima telah mengumumkan bahwa dia membuat film dokumenter lain, yang ini tentang perlombaan antara Ogawa dan Hirai untuk kursi terakhir pada 31 Oktober. Film terakhir menjadikan Ogawa bintang kecil, jadi Oshima bertanya-tanya apakah dia bisa mengalahkan peluang kali ini.

Dalam transkrip wawancaranya yang lebih panjang dengan Asahi, Doi mengatakan kesenjangan kekayaan di Jepang sangat buruk jika dibandingkan dengan negara maju lainnya, dan itu karena sistem sosial yang dipromosikan dan dipelihara oleh pemerintah. Jadi, jika nasib Anda didasarkan pada keadaan kelahiran Anda, jelasnya, dalam kasus Jepang itu juga ada hubungannya dengan negara tempat Anda dilahirkan.

Lihat www.philipbrasor.com untuk tambahan kontribusi Media Mix.

Di saat informasi yang salah dan terlalu banyak informasi, kualitas jurnalisme lebih penting dari sebelumnya.
Dengan berlangganan, Anda dapat membantu kami memperbaiki cerita.

BERLANGGANAN SEKARANG

GALERI FOTO (KLIK UNTUK MEMPERBESAR)

Undian khusus Keluaran SGP 2020 – 2021. Diskon terbaik lainnya muncul diperhatikan dengan terencana melewati status yg kita sisipkan pada web ini, dan juga dapat ditanyakan kepada layanan LiveChat pendukung kita yg menunggu 24 jam On-line buat melayani semua kebutuhan para bettor. Lanjut segera daftar, dan menangkan prize Undian serta Kasino On-line terhebat yg terdapat di tempat kita.